Nasi Lemak Ayam Bakar Bumbu Rujak

Nasi Lemak??? Hidangan ini adalah hasil eksperimen saya beberapa hari yang lalu, kenapa saya membuat nasi lemak? karena waktu di malaysia gak nemu Nasi Lemak yang enak, alhasil utak utek di dapur pengen bisa bikin nasi lemak ini. Kalau ada yang berpendapat Nasi uduk sama Nasi lemak sama, menurut saya berbeda, apa yang bikin beda? Meski sama-sama menggunakan santan, tetapi kedua hidangan ini menggunakan bumbu yang berbeda dalam menanaknya, pelengkap hidangan keduanyapun sangat berbeda, Mau tau lebih detail bedanya Nasi Uduk dengan Nasi lemak? check it out gals!

Nasi lemak adalah jenis makanan khas Suku Melayu yang lazim ditemukan di Malaysia, di mana hidangan ini dianggap sebagai salah satu hidangan nasionalnya. Makanan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi. Nasi lemak merujuk kepada nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk memberikan citarasa gurih. Kadangkala daun pandan dimasukkan ketika nasi lemak dimasak untuk menambahkan aromanya. Istilah lemak dalam Bahasa Melayu atau lamak dalam Bahasa Minangkabau merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan kelapa yang melepaskan kandungan lemak nabatinya ke dalam nasi yang tengah ditanak. 

Nasi lemak biasanya dihidangkan dengan telur (yang direbus, digoreng mata sapi, atau didadar), irisan mentimun, kacang tanah goreng, ikan bilis goreng, dan sambal cabai. Tetapi kini nasi lemak dijual dengan berbagai lauk-pauk seperti tempe, tahu, sate, daging, ayam, cumi-cumi, udang, ikan, limpa, dan ataupun hati sapi, yang juga sering disertai juga dengan parutan kelapa. (source: wikipedia) 
Hidangan Nasi Lemak di Amin Corner ketika kami liburan di Johor Bahru Pelengkap Nasi Lemaknya : kari kambing, ikan bilis, kacang goreng, telur ceplok, sambal dan Teh O ^_^
Sementara Nasi uduk adalah hidangan yang terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam. Pada malam hari biasanya nasi uduk dijual di warung pecel lele, yaitu warung yang menjual nasi uduk beserta lauknya,seperti : lele, ikan mas, ayam bakar dan goreng, dan lain lain (source : wikipedia)

Jadi setelah saya membaca kedua perbedaan dari hidangan ini maka saya bisa ambil kesimpulan, untuk membuat Nasi lemak ini yang dibutuhkan Santan, daun pandan dan garam saja. Sementara untuk pelengkapnya biasanya sih serba kari ya (lamb curry, beef curry or chicken curry) tapi percobaan pertama, saya buat Ayam Bakar Bumbu Rujak, yang resepnya saya dapatkan dari ibu mertua saya. Jika berminat untuk mencobanya bisa dilihat resepnya di sini

Nasi lemak ini sama teksturnya dengan Nasi Briyani...Ngeprul! maka dari itu cara memasaknya pun saya samakan saja dengan cara membuat Nasi Briyani. Meskipun ngeprul tapi hasil nasinya matang, enak dan gurih sekali. Beneran deh Nasi Lemak ini lebih enak dari yang saya makan waktu di Malaysia! ^______^

Mari kita kemonn!

.: Nasi Lemak Ayam Bakar Bumbu Rujak :.
by: yurike sasaki


Bahan-bahan :
500gr beras, cuci bersih, tiriskan
350ml santan kental (dari 1/2butir kelapa)
2lbr daun pandan, ikat simpul
11/2sdt garam
100gr ikan bilis, cuci, tiriskan, goreng garing
100gr kacang tanah, goreng garing
3butir telur ayam, rebus, kupas, belah dua

Pelengkap :
Bawang goreng
sambal terasi (optional, ayam bumbu rujaknya sudah pedas jadi saya skip)

Cara membuat :

Kukus beras dan pandan yang sudah dicuci sampai setengah matang kurleb 30menit, angkat. Dalam panci, masukkan beras yang sudah di kukus, tuang santan kental dan garam, masak hingga santan habis, aduk terus jangan sampai berkerak, angkat. Kukus kembali nasi aron kurleb 30menit atau sampai matang, angkat. (sambil menunggu, bisa sambil menggoreng kacang tanah dan teri bilis)

Teri bilis, kacang tanah, telur ayam, santan & daun pandan
Step by step membuat Nasi Lemak
Kacang tanah & Teri bilis yang sudah digoreng, taburkan sedikit garam pada keduanya (teri bilis rasanya tawar)
Siapkan piring saji, sendokkan nasi diatasnya, tambahkan ayam bakar bumbu rujak, kacang goreng, teri bilis, telur rebus dan sambal (optional).


Nasi Lemak Ayam Bakar Bumbu Rujak siap dinikmati.

This is it!!! Nasi Lemak ^^

Baca juga resep olahan nasi lainnya :
#Nasi Briyani
#Nasi Kebuli Kambing
#Nasi Liwet

 Selamat Mencoba :)










Postingan populer dari blog ini

Black Pepper Crusted Pork Tenderloin with Black Cherry Reduction

Puding Cocopan Dan Kolak | Resep Puding Praktis

When it Comes to Beef, I Usually Leave Wellington Alone